Fashion, Gaya Hidup dan Komunitas Hijab

Hijabkeren.com > Health > Artikel

Waspadai Tanda Pada Tubuh Akibat Perubahan Cuaca

Rabu, 16 Nov 2016 10:47 | 899 hits
Waspadai Tanda Pada Tubuh Akibat Perubahan Cuaca
Image source: Senjakala Gallery/Rifka Martha/Instagram

HIJABKEREN.COM - Perubahan cuaca tak hanya mempengaruhi dalam bagaimana cara berpenampilan. Seperti mengenakan pakaian tipis dan nyaman saat musim kemarau lalu berganti dengan baju yang tebal dan menghangatkan di musim hujan, tapi perubahan musim juga berpengaruh pada kondisi dan kesehatan tubuh.

Seperti melansir laman Women’s Health Mag, berikut adalah beberapa perubahan dalam tubuh yang bisa dialami saat pergantian musim tiba.

1. Sakit kepala dan migrain

Xiang Li, MD, seorang internis di Tri-City Medical Center di California mengatakan, “Salah satu penyebab sakit kepala adalah penyempitan pembuluh darah di otak. Cuaca dingin ini dapat menyebabkan pembuluh darah dengan cepat menyempit, mengurangi aliran darah.” Perubahan cuaca seperti dingin yang tiba-tiba, silau matahari, atau badai bisa dapat menyebabkan ketidakseimbangan kimia dalam otak yang mengakibatkan migrain.

2. Kulit kering

Saat cuaca menjadi dingin, kelembaban di udara akan menjadi berkurang yang berarti juga membuat tingkat kelembaban kulit menurun. Tsippora Shainhouse, MD, seorang ahli kulit bersertifikat di Beverly Hills mengatakan, “Angin yang kencang akan membuat kering dan mengiritasi kulit dan berpotensi merusak penghalang lipid yang melindungi kulit.”

3. Kekurangan vitamin D

Salah satu sumber utama vitamin D dalam tubuh kita adalah dari konversi kolesterol yang disimpan dalam kulit menjadi vitamin D3 oleh paparan sinar matahari. Tapi saat musim hujan, indeks UV ini sangat rendah sehingga orang yang tinggal di dalam rumah tidak cukup mendapatkan sinar matahari.

Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D ini adalah lemahnya otot dan tubuh menjadi lebih sensitif terhadap rasa sakit serta mudah mengantuk.

4. Gangguan pernapasan

Cuaca yang dingin dapat menyebabkan kejang otot dan saluran napas menjadi kecil, sehingga lebih sempit dan menyebabkan sesak napas.

5. Flu

Menghabiskan waktu lebih banyak di dalam rumah saat pergantian cucca berarti membuat kontak dengan orang rumah menjadi lebih sering, dan hal ini membuat peluang terkena flu menjadi lebih tinggi.

Kebanyakan virus menular selama beberapa hari sebelum gejala sakit muncul, sehingga sangat mudah terkena virus tanpa menyadarinya. Khususnya virus yang menyebabkan flu ini bisa tinggal di kulit selama tiga jam dan berada di permukaan kulit selama empat hari sebelum akhirnya mati.

Solusi terbaik agar tak mudah terkena flu saat pergantian cuaca adalah dengan rajin mencuci tangan secara menyeluruh serta hindari batuk dan bersin yang datang dari orang lain.

6. Rambut dan kuku rapuh

Saat cuaca dingin, pembuluh darah di kulit juga menjadi kecil, kaki menjadi menyusut, serta berkurangnya aliran darah, nutrisi, dan oksigen. Hal ini membuat rambut dan kuku menjadi rapuh dan menjadi lebih rentan terhadap luka ringan.

(fzh/Dreamers.id)

  • perubahan cuaca
  • info kesehatan

ARTIKEL TERBARU

Ini Dia Tren Warna 'Wajib' Dicoba di Akhir Tahun 2017 Ala Ayudia Bing Slamet
Impian Indonesia sebagai pusat mode atau pusat fashion hijab dunia pada tahun 2020 nanti sepertinya bukan lagi jadi angan angan melihat pesatnya pertumbuhan industri mode kekinian. Tak terkecuali brand lokal yang gencar membuat konsep mau pun desain apik yang menonjolkan karakteristik wanita Indonesia....
Hati-hati Bahaya Kebiasaan Mencoba Produk Tester Kosmetik!
Sebelum membeli sebuah produk kosmetik, orang pada umumnya mencoba produk tester terlebih dahulu untuk melihat apakah produk seperti lipstick atau maskara itu cocok atau tidak. Namun kebiasaan seperti ini perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan risiko penyebaran penyakit....
Bangga, Ini Dia Ayan Said yang Jadi Hijabers Pertama Juara Miss Global 2017!
Memakai hijab bukan berarti akan menghalangi kamu untuk berprestasi. Hal ini dibuktikan seorang wanita asal Somaliland bernama Ayan Said. Ayan berhasil keluar sebagai salah satu juara di kontes kecantikan Miss Global 2017 sebagai Runner Up 3....
Bersiap Jadi Bagian Pameran Pernikahan Akhir Tahun Terbesar di Indonesia, #WCF2017!
Sukses dengan gelaran ‘Jakarta Wedding festival’, Weddingku akan kembali mengadakan ‘pesta’ untuk para calon mempelai berbahagia di hari spesialnya. ‘Wedding Celebration Festival’ siap memberi segudang referensi dan vendor terbaik untuk rencana pernikahan kamu, Hikers!...
Perburuan Fashion Item Makin Seru dengan Diskon Besar-besaran di Black Friday November Ini!
Ada satu hari paling ditunggu di Amerika Serikat dan nampaknya digandrungi para wanita di seluruh dunia, yaitu Black Friday! Yap, memiliki arti Jumat Hitam, Black Friday adalah pengadaan sale atau diskon besar besaran secara online atau offline. Digelar tepat setelah perayaan Thanksgiving berlangsung....
Simak Referensi Fashion Jitu Spesial untuk Hijab Backpacker
Zaman sekarang, berhijab bukan berarti jadi sebuah halangan dalam beraktifitas, apalagi untuk liburan terutama di medan alam atau bisa jadi backpacking. Meski fashion item yang perlu diperhatikan bertambah, baiknya hal tersebut tak jadi penghalang untuk berangkat melepas penat kegiatan ke tempat tempat seru....
Alasan Mengapa Alis Tebal Jadi Hits di Kalangan Wanita
Bagi sebagian besar wanita, keluar rumah tanpa memakai brow make up atau merapikan alisnya adalah hal yang tabu. Bahkan kini sudah banyak produk kecantikan untuk alis yang hadir dalam berbagai tipe. Mulai yang klasik pensil alis diraut, crayon, stick, pressed powder hingga peel off....

GALERI