Fashion, Gaya Hidup dan Komunitas Hijab

Hijabkeren.com > Health > Artikel

Kenali Hal yang Harus Diketahui Perempuan Tentang Kanker Serviks

Senin, 12 Jun 2017 10:10 | 1160 hits
Kenali Hal yang Harus Diketahui Perempuan Tentang Kanker Serviks
Image source: Alya Nur Zurayya Instagram/Jakartavenue

HIJABKEREN.COM - Berita meninggalnya Julia Perez seperti mengingatkan kaum perempuan betapa mengerikannya kanker serviks. Ya, wanita yang akrab disapa Jupe itu meninggal setelah melawan kanker serviks stadium 4 yang sudah diteritanya sejak 2014.

Kanker serviks sendiri merupakanjenis kanker yang menyerang leher rahim dan hampir semua kasus disebabkan oleh Human Papillomavirus atau HPV. Pada umumnya, HPV ditularkan melalui hubungan seksual. Namun tak cuma perilaku seksual, kanker serviks juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Dilansir dari laman CNN Indonesia, berikut hal-hal yang harus diketahui perempuan tentang kanker serviks.

1. Kanker serviks tak sama dengan sel serviks abnormal
Kanker serviks terjadi karena adanya mutasi sel dari normal menjadi abnormal. Namun perlu diketahui bahwa tak semua sel kanker abnormal pada serviks berarti kanker. Sel-sel abnormal ini seringkali disebabkan juga oleh HPV. Memang bisa berpotensi berbahaya dan menjadi kanker serviks, namun semuanya tergantung pada tipe HPV yang menyerang.

Untuk mengetahui tipe HPV yang menyerang dan juga potensi perubahannya menjadi sel kanker, lakukanlah tes pap smear. Tes ini disarankan untuk dilakukan pada usia 21 tahun.

2. Lebih berisiko pada perempuan usia di bawah 50 tahun
Mayoritas perempuan yang didiagnosis dengan kanker serviks berusia di bawah 50 tahun. Sedangkan 20 persen kanker serviks ditemukan pada perempuan yang berusia lebih dari 65 tahun.

3. Kanker serviks bisa berpindah
Sel kanker serviks tak hanya berdiam pada satu tempat. Sel kanker ini bisa menyebar melalui limfa atau aliran darah menuju ke paru-paru, liver, dan tulang.

4. Kanker serviks tahap awal biasanya tak punya gejala khusus
Seorang perempuan bisa mengidap kanker serviks tanpa diketahuinya. Dan seringkali saat kanker mulai berkembang, gejala yang serius seringkali tak terlalu terlihat. Hal inilah yang membuat perempuan seringkali tak waspada dengan kanker serviks.

Beberapa gejala yang harus diwaspadai antara lain adalah, pendarahan yang terjadi di antara jadwal menstruasi, pendarahan setelah hubungan seksual, periode menstruasi yang terlalu lama dan banyak.

5. Kita tak pernah terlalu tua untuk mendapat vaksin HPV
Rata-rata perempuan Indonesia dianjurkan untuk mendapat vaksin HPV pada usia sekolah. Namun usia yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin ini berbeda-beda di tiap negara. FDA di Amerika menyarankan usia wajib vaksin (untuk laki-laki dan perempuan) berkisar usia 9-26 tahun. Namun ini tak berarti ada batasan usia yang terlalu tua untuk mendapatkan vaksin tersebut, khususnya pada perempuan dengan usia aktif seksual.

6. Jadwal menstruasi yang tak konsten bisa jadi penanda
Periode menstruasi memang seringkali tak teratur. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk gaya hidup, tingkat stres, sampai gejala awal kanker serviks. Waspada jika periode menstruasi terlalu lama dan dalam jumlah yang terlalu banyak.

7. Perilaku non-seksual juga bisa meningkatkan risiko kanker serviks
Seseorang bisa saja menjadi carrier HPV (memiliki HPV dalam tubuhnya, namun belum berkembang menjadi sel kanker). Jika kamu carrier HPV, merokok atau gaya hidup yang buruk akan meningkatkan risiko kanker serviks sampai tiga kali lipat. Para ahli mengungkapkan bahwa merokok bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus lebih mudah menginfeksi.

(fzh)

  • kanker serviks
  • info kesehatan

ARTIKEL TERBARU

Ini Dia Tren Warna 'Wajib' Dicoba di Akhir Tahun 2017 Ala Ayudia Bing Slamet
Impian Indonesia sebagai pusat mode atau pusat fashion hijab dunia pada tahun 2020 nanti sepertinya bukan lagi jadi angan angan melihat pesatnya pertumbuhan industri mode kekinian. Tak terkecuali brand lokal yang gencar membuat konsep mau pun desain apik yang menonjolkan karakteristik wanita Indonesia....
Hati-hati Bahaya Kebiasaan Mencoba Produk Tester Kosmetik!
Sebelum membeli sebuah produk kosmetik, orang pada umumnya mencoba produk tester terlebih dahulu untuk melihat apakah produk seperti lipstick atau maskara itu cocok atau tidak. Namun kebiasaan seperti ini perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan risiko penyebaran penyakit....
Bangga, Ini Dia Ayan Said yang Jadi Hijabers Pertama Juara Miss Global 2017!
Memakai hijab bukan berarti akan menghalangi kamu untuk berprestasi. Hal ini dibuktikan seorang wanita asal Somaliland bernama Ayan Said. Ayan berhasil keluar sebagai salah satu juara di kontes kecantikan Miss Global 2017 sebagai Runner Up 3....
Bersiap Jadi Bagian Pameran Pernikahan Akhir Tahun Terbesar di Indonesia, #WCF2017!
Sukses dengan gelaran ‘Jakarta Wedding festival’, Weddingku akan kembali mengadakan ‘pesta’ untuk para calon mempelai berbahagia di hari spesialnya. ‘Wedding Celebration Festival’ siap memberi segudang referensi dan vendor terbaik untuk rencana pernikahan kamu, Hikers!...
Perburuan Fashion Item Makin Seru dengan Diskon Besar-besaran di Black Friday November Ini!
Ada satu hari paling ditunggu di Amerika Serikat dan nampaknya digandrungi para wanita di seluruh dunia, yaitu Black Friday! Yap, memiliki arti Jumat Hitam, Black Friday adalah pengadaan sale atau diskon besar besaran secara online atau offline. Digelar tepat setelah perayaan Thanksgiving berlangsung....
Simak Referensi Fashion Jitu Spesial untuk Hijab Backpacker
Zaman sekarang, berhijab bukan berarti jadi sebuah halangan dalam beraktifitas, apalagi untuk liburan terutama di medan alam atau bisa jadi backpacking. Meski fashion item yang perlu diperhatikan bertambah, baiknya hal tersebut tak jadi penghalang untuk berangkat melepas penat kegiatan ke tempat tempat seru....
Alasan Mengapa Alis Tebal Jadi Hits di Kalangan Wanita
Bagi sebagian besar wanita, keluar rumah tanpa memakai brow make up atau merapikan alisnya adalah hal yang tabu. Bahkan kini sudah banyak produk kecantikan untuk alis yang hadir dalam berbagai tipe. Mulai yang klasik pensil alis diraut, crayon, stick, pressed powder hingga peel off....

GALERI